Permainan “ONS Fighter” kami kembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmationen logique(pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Dalam hal ini kami menggunakan Strawberry Prolog sebagai program editor. Alasan kami menggunakan strawberry prolog ini karena menurut kami editor ini mudah untuk digunakan dan mudah untuk mengimplementasikan AI secara sederhana dan merupakan aplikasi light edition yang artinya program ini dapat dijalankan langsung tanpa perlu diinstal. Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Matematika dan Informatika pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria .Versi pertama dirilis pada tahun 1996. Pemimpin tim Strawberry Dimiter Dobrev.
Pada tampilan utama program terdapat beberapa menu beserta fungsinya masing – masing, yaitu:
- Start : Fungsinya untuk masuk ke game yang kita ingin mainkan.
- About : Fungsinya untuk melihat profil developer.
- Help : Fungsinya untuk melihat cara bermain.
Selain itu game ini yang memiliki beberapa komponen, diantaranya adalah:
- New Game : Berfungsi untuk memulai permainan baru dari awal.
- Display Darah Player : Sebagai petunjuk sisa darah dari player (sebelah kiri).
- Display Darah AI : Sebagai petunjuk sisa darah dari AI (sebelah kanan).
Peraturan dalam permainan dibagi ke dalam dua jenis, peraturan untuk player dan peraturan permainan.
- Player
- Z, untuk memukul.
- X, untuk menendang.
- Arah kanan, untuk maju.
- Arah kiri, untuk mundur.
- Permainan
- Waktu permainan adalah 60 detik.
- Jika waktu habis, maka player dianggap kalah.
- Pemenang ditentukan dengan tiga kondisi
- Player dinyatakan menang ketika Health Point (darah) Lawan bernilai nol.
- Lawan dinyatakan menang ketika Health Point (darah) Player bernilai nol.
- Lawan dinyatakan menang ketika belum ada yang kalah dan waktu telah habis.
Algoritma yang digunakan dalam permainan ini adalah menggunakan algoritma backtracking dimana jika sebuah solusi yang ditelusuri tidak lagi menghasilkan solusi yang optimum, maka akan dilakukan runut balik untuk mencari solusi yang optimal dari solusi-solusi yang memungkinkan.
0 komentar:
Posting Komentar